Tips Perawatan Mobil

Bagaimana merawat supaya mobil tetap nyaman dan aman dikendarai, tentu harus dimaintain dengan baik, berikut adalah tips perawatan mobil yang paling umum yang harus diketahui oleh para pemilik mobil.

Perawatan Ban
Lihatlah ke bagian velg dan disk brake nya, disini banyak kotoran menempel, bersihkan secara rutin sebelum kotoran terlalu disna dan akan menemple terlalu kuat karena panas.

Jangan lupa cek tekanan ban, setiap mobil mempunyai speks tekanan ban tertentu dan berbeda untuk ban depan dan belakang, umumnya tekanan ada disekitar 30 psi, belilah alat pengukur tekanan ban yang berbentuk bulat dengan jarum, karena yang berbentuk stik umumnya tidak terlalu akurat.


Tips Perawatan Mobil
tips perawatan mobil

Lalu berapa lama sekali ban harus diganti? tentu tergantung dari jenis dan merk ban, tetapi umumya ban harus diganti setiap 40 ribu km sd 60 ribu Km (tergantung kondisi jalan dan jenis ban). Penggantian ban membuat kita merasa aman terutama bila sedang dalam kecepatan tinggi dijalan tol tentu saja jangan memberi tekanan ban melebihi ukuran karena di jalan tol ban akan menjadi panas dan hal ini bisa membuat ban pecah bila tekanan ban terlalu tinggi.

Perawatan Mesin
Penting untuk memperhatikan engine timing belt, Gantilah tiap 25-30 ribu km (lihat buku panduan masing-masing mobil), karena bila belt ini putus pada saat di jalan akan berbahaya.  Selain itu perhatikan pula busi (spark plug) apakah seluruh businya berfungsi baik karena bila ada salah satu tidak berfungsi maka mobil akan pincang terutama sekali di jalan menanjak akan terasa berat. Gantilah busi secara rutin umumnya setiap 20 ribu Km.

Demikian pula dengan level oli. pemeriksaan level oli dilakukan sebelum mobil dinyalakan, supaya level oli nya akurat dan tidak panas ke tangan anda. kekurangan oli akan menyebabkan mesin mobil cepat rusak, dan bila rusak umumnya akan mengeluarkan asap putih sebagai tanda ada oli yang terbakar dalam engine. tips perawatan mobil selanjutnya adalah bagian Rem

Bagian Rem
Bagian ini adalah alat yang paling vita dalam kendaraan, salah satu teknik mengendarai dengan baik di jalan menurun adalah jangan memporsir injakan rem,  karena akan membuat kanvas rem panas , dan akhirnya memuai bahkan bisa terbakar. karena itu di jalan menurun gunakan engine break dengan menggunakan transmisi ke gigi lebih rendah umumnya di gigi 2 bisa juga digunakan gigi 1 untuk jalan menurun yang ekstrim.

Perhatikan pula oli rem, apabila sudah melebihi batas low segera isi dengan oli yang sesuai dengan karakteristik rem mobil anda. Bila oli rem sering menurun berarti ada kebocoran kecil, kemungkinan di area seal master rem. Untuk kanvas rem gantilah secara teratur setiap 30 ribu Km

Kelistrikan mobil
Sumber kelistrikan pada mobil bersumber dari aki (Accu), untuk merawat aki agar tahan lama perhatikan level cairan aki, bila sudah berkurang tambahkan air murni (bukan air aki) sampai level diantara low dan high. air aki sendiri (HsSO4) hanya digunakan untuk aki baru atau bila aki dikuras (dibuang semua cairannya), sedangkan bila berkurang cukup tambahkan air murni (banyak dijual dibengkel-bengkel)

Pada kontak aki juga harus dilindungi supaya tidak terjadi korsletting dan mencegah oksidasi (warna putih disekeliling kontak aki) , gunakan grease untuk melindunginya lalu tutup dengan bahan plastik atau karet

Nantikan update tips perawatan mobil

Terima kasih untuk Like FB dibawah ini :
     

By : Tina Agya 2014